Kesehatan

Alfred Riedl Meninggal Dunia, Kenali Penyebab, Gejala, dan Ciri-ciri Kanker

Alfred Riedl Meninggal Dunia, Kenali Penyebab, Gejala, dan Ciri-ciri Kanker
Jakarta -

Mantan pelatih timnas sepakbola Indonesia Alfred Riedl meninggal karena kanker. Dia diketahui sudah lama berjuang melawan penyakit kankernya.

Bahkan pada Maret 2007, Riedl pernah menerima ginjal dari pendonor. Pendonornya tersebut merupakan penggemarnya dari Vietnam.

Berikut penyebab, gejala, dan ciri-ciri kanker dilansir medicalnewstoday:

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan perjalanan hormon. Hal ini mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal. Beberapa jenis kanker menyebabkan pertumbuhan sel yang cepat, sementara yang lain menyebabkan sel tumbuh dan membelah dengan lebih lambat.

Bentuk kanker tertentu menghasilkan pertumbuhan yang terlihat yang disebut tumor. Sementara yang lain, seperti leukemia tidak tumbuh seperti tumor.

1. Penyebab Kanker

Ada banyak penyebab kanker dan ada pula yang bisa dicegah.

Penyebab kanker, seperti dikutip medicalnewstoday, yakni merokok. Disebutkan, merokok meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Setiap tahun, lebih dari 40.000 orang di Amerika Serikat menerima diagnosis salah satu jenis kanker berikut:

-kandung kemih
-usus besar dan rektal
-endometrium
-ginjal
-leukemia
-hati
-melanoma
-limfoma non-Hodgkin
-pankreas
-tiroid

Selain merokok, faktor penyebab kanker antara lain:

-konsumsi alkohol berat
-kelebihan berat badan
-nutrisi buruk

Apakah faktor gen menyebabkan kanker?

Faktor genetik dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. Gen juga mempengaruhi produksi protein sel, dan protein membawa banyak instruksi untuk pertumbuhan dan pembelahan sel. Beberapa gen mengubah protein yang biasanya memperbaiki sel yang rusak. Jika orang tua memiliki gen itu maka keturunannya dapat menyebabkan kanker. Namun beberapa perubahan genetik terjadi setelah lahir, dan faktor-faktor seperti merokok dan paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko tersebut.

2. Gejala dan Ciri-ciri Kanker

Dikutip dari Mayoclinic, gejala dan ciri-ciri kanker yang umum terjadi meliputi:

-Kelelahan
-Benjolan atau area penebalan yang bisa dirasakan di bawah kulit
-Perubahan berat badan, termasuk penurunan atau kenaikan yang tidak diinginkan
-Perubahan kulit, seperti kulit menguning, menggelap atau kemerahan, luka yang tidak kunjung sembuh, atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada
-Perubahan kebiasaan buang air besar atau kandung kemih
-Batuk terus-menerus atau kesulitan bernapas
-Kesulitan menelan
-Suara serak
-Gangguan pencernaan atau ketidaknyamanan yang terus-menerus setelah makan
-Nyeri otot atau sendi yang persisten
-Demam terus-menerus
-Pendarahan atau memar yang tidak bisa dijelaskan

3. Pengobatan

Pengobatan kanker seperti dilansir medicalnewstoday, disebutkan, dokter biasanya meresepkan obat berdasarkan jenis kanker, stadium saat diagnosis, dan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan. Bisa juga dokter menyarankan pengidap kanker untuk melakukan kemoterapi. Namun kemoterapi dapat memberikan efek samping seperti rambut rontok. Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker. Obat-obatan juga dapat membantu mengecilkan tumor, tetapi efek sampingnya dapat menjadi parah.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"

(nwy/pal)