Kesehatan

Apa Itu Pneumonia? Begini Penjelasannya

Apa Itu Pneumonia? Begini Penjelasannya
Jakarta -

Selain virus corona, pneumonia juga sempat ramai diperbincangkan dan menghebohkan masyarakat Indonesia. Ini terjadi karena penyakit pneumonia itu telah menyebar di China. WHO maupun Kementerian Kesehatan Indonesia juga sudah memberikan berbagai himbauan terkait penyakit ini.

Apa itu pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi yang terjadi pada salah jaringan dan kantung paru-paru di dalam tubuh. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, dan juga jamur.

Dikutip dari Healthline, hal itu menyebabkan terjadi peradangan di kantung udara di paru-paru yang disebut alveoli. Alveoli ini nanti akan terisi cairan bahkan nanah, sehingga membuat sulit bernapas, batuk berdahak, demam, dan menggigil.


Pneumonia yang disebabkan virus dan bakteri ini juga bisa menyebar atau menular dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini bisa menular melalui udara, seperti bersin atau batuk.

Pneumonia bisa juga menular karena menyentuh permukaan atau benda yang terkontaminasi bakteri bahkan virus penyebabnya. Ada berbagai gejala yang bisa menandakan adanya pneumonia di dalam tubuh, seperti:

1. Batuk berdahak atau berlendir
2. Demam
3. Berkeringat atau malah kedinginan
4. Sesak napas, saat beraktivitas ataupun beristirahat
5. Nyeri dada terutama saat bernapas atau batuk
6. Mudah lelah
7. Selera makan berkurang
8. Mual dan muntah
9. Sakit kepala


Gejala pneumonia anak di bawah 5 tahun bisa berupa nafas yang cepat atau mengi. Pada bayi, dapat terjadi muntah-muntah hingga tidak mau makan dan minum.

Meskipun tidak benar-benar menyembuhkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala pneumonia, diantaranya:

1. Untuk meredakan batuk, bisa dengan banyak minum, sering berkumur, atau minum teh rasa peppermint.
2. Untuk menurunkan demam, bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit OTC dan kompres dingin.
3. Saat kedinginan, bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan atau minuman hangat.

Namun, jika gejala tersebut sudah muncul, akan jauh lebih baik konsultasikan ke dokter. Dengan itu, dokter bisa meresepkan obat-obatan yang bisa membantu untuk meringankan bahkan sembuh dari pneumonia.



Simak Video "Taiwan Desak China Beberkan Detail Wabah Virus Korona Baru"

(sao/up)