Kesehatan

Bahayakah Makan Kentang Setiap Hari?

Bahayakah Makan Kentang Setiap Hari?

, Jakarta Sebuah penelitian mengamati efek makan kentang setiap hari dibandingkan dengan mengonsumsi jumlah kalori yang sama dari biji-bijian olahan. Sebagian besar kentang dimakan dalam bentuk kentang goreng atau keripikir kentang, sehingga banyak orang menganggapnya sebagai makanan yang tidak sehat.

Dilansir dari Today pada Sabtu (29/2/2020), makan satu kentang ukuran sedang sehari dapat menjadi bagian dari makanan sehat dan tidak meningkatkan risiko kardiometabolik (kemungkinan diabetes, penyakit jantung atau stroke).

Menurut sebuah studi oleh para ahli gizi di The Pennsylvania State University, hal itu selama kentang dikukus atau dipanggang dan disajikan tanpa terlalu banyak menambahkan garam atau lemak jenuh.

Mengonsumsi kentang yang tidak digoreng juga menyebabkan asupan kalium dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan biji-bijian olahan, seperti nasi putih, roti atau pasta,.

“Tentu saja kebiasaan memakan keripik kentang atau kentang goreng harus dihilangkan, tetapi ada cara sehat untuk menyajikan kentang,” kata doktoral pelajar di Departemen Ilmu Gizi di Penn State, Emily Johnston.

Ia menambahkan bahwa tidak ingin orang-orang takut untuk mengonsumsi kentang, tetapi ia ingin memastikan bahwa mereka memakannya dengan cara yang sehat dan dalam ukuran dan porsi yang terkontrol.