Kesehatan

Bawa Camilan Sehat dan Praktis Ini Saat Traveling

Bawa Camilan Sehat dan Praktis Ini Saat Traveling
Jakarta - Saat berpergian, ada saja kejadian tidak terduga misalnya mengalami kemacetan di jalan sampai berjam-jam. Untuk mengurangi kebosanan, biasanya hal yang dilakukan bisa memainkan ponsel, update sosial media, ataupun mendengarkan radio atau musik.

Namun beberapa di antara Anda pasti ada yang terserang rasa lapar tiba-tiba saat di jalan. Namun terkadang, mendapat makanan sehat saat traveling sering kali menyulitkan, sehingga orang cenderung makan apa adanya baik yang sehat maupun yang tidak.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan, menjaga asupan camilan dan makanan selama dalam perjalanan dan berlibur adalah hal yang cukup sulit dikontrol. Seringkali camilan yang dikonsumsi tidak sehat seperti fast food, gorengan, soft drink dan makanan terlalu manis, permen, dan ice cream dan lain-lain.


"Padahal kalau camilan yang disebutkan ini dikonsumsi terlalu sering dan rutin tentu akan membuat seseorang akan terjadi peningkatan kadar gula darah, tinggi tekanan darah dan kolesterol darah yang tinggi yang berujung menjadi penyakit lain seperti obesitas, hipertensi dan diabetes sampai metabolik disease," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Untuk tetap menjalani perilaku hidup sehat saat traveling, tentu tak bisa sembarang mengonsumsi makanan. Menu makanan sehat pun harus didapat meski kadang sulit jika Anda belum tahu kondisi di suatu daerah. Oleh karenanya, selalu siapkan camilan sehat dan praktis di tas Anda.

"Keinginan untuk menyiapkan, meletakkan di dalam tas yang mudah digapai, dan mengemilnya sesuatu yang harus pada saat perjalanan dan liburan," pesan dr Muliaman.

Oleh karena itu, lanjut dr Muliaman, bawalah camilan yang sehat dan membuat kenyang lebih bisa bertahan lama. Beberapa makanan ini sangat cocok dibawa bepergian seperti buah yang tidak terlalu manis, atau salad dengan tidak terlalu banyak garam. Selain itu, yogurt rasa plain, susu rendah lemak, dan multigrain atau sering disebut trail mix.

"Trail mix adalah tipe makanan ringan yang sehat. Umumnya campuran dari beberapa biji-bijian dari biji gandum, jagung, barleygranola, almond, buah kering dan cokelat," ujarnya.


Contoh dari camilan multigrain ini adalah Fitbar yang mengandung campuran biji-bijian sehat tersebut. Ngemil camilan ini membuat Anda mendapatkan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, sehingga dapat mengontrol gula darah dan menjadikan kenyang lebih lama, sehingga berpergian dan berlibur tetap gembira dan sehat.

Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "

(akn/up)