Kesehatan

Berhubungan Seks Bisa Picu Serangan Jantung?

Berhubungan Seks Bisa Picu Serangan Jantung?

, Jakarta Banyak masyarakat percaya bahwa berhubungan seks meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Beberapa kasus memang membuktikannya tapi itu sangat jarang terjadi.

Berhubungan seks setara dengan aktivitas seperti naik tangga atua jalan cepat, sebuah penelitian di 2015 menegaskan bahwa berhubungan seks sesungguhnya aman bagi para penyintas serangan jantung.

"Berdasarkan data kami, tampaknya sangat tidak mungkin bahwa aktivitas seksual merupakan pemicu yang relevan dari serangan jantung," kata ketua peneliti Dr. Dietrich Rothenbacher, profesor dan kepala Institute of Epidemiologu and Medical Biometry Ulm University, Jerman seperti dilansir dari Live Science pada Kamis (11/7/2019).

Dalam studi yang dimuat di Journal of the American College of Cardiology, para peneliti melihat 536 peserta berusia 30 hingga 70 di awal penelitiannya. Diketahui, para peserta ini juga pernah mengalami serangan jantung sebelumnya.

Para peneliti mengumpulkan data yang berisi kegiatan seksual yang peserta ingat, selama 12 bulan sebelum serangan jantung.