Kesehatan

BJ Habibie Ingin Pelajar Indonesia di Luar Negeri Kembali ke Tanah Air

BJ Habibie Ingin Pelajar Indonesia di Luar Negeri Kembali ke Tanah Air

, Jakarta Dalam sebuah pidato kebangsaan di Cairo Democratic Transitions Forum pada 5 Juni 2011, almarhum Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) menyampaikan pesan penting kepada generasi muda. Bahwa generasi muda, khususnya yang menuntut ilmu di luar negeri memberikan sumbangsih pada bangsa.

"Saya harapkan Anda semua yang di sini (menjalani pendidikan), baik S1, S2,  atau S3 yang penting kembali ke Tanah Air," ujar BJ Habibie dalam sebuah tayangan video berjudul 'Ceramah Umum BJ Habibie di Cairo' yang dipublikasikan pada 6 Juni 2011.

"Hal ini sekaligus menggarisbawahi peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia yang terbarukan. Hal itu menunjukkan daya saing meningkat sekaligus memang tugas kita semua (membangun bangsa)."

Ia pun berpesan, peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) juga harus diiringi iman dan takwa (imtak) kepada Tuhan.

"Pilih mana antara imtek atau imtak? Keduanya harus dimiliki dan dikembangkan. Saya meminta, 'Ya, Allah SWT perkenankan saya kasih dua-duanya (iptek maupun imtak). Berikan kemampuan pada saya untuk meningkatkan kualitas keduanya sepanjang hidup," lanjut BJ Habibie.