Kesehatan

BPJS Kesehatan Gelar Lomba Vlog Edukasi Protokol Kesehatan untuk FKTP

BPJS Kesehatan Gelar Lomba Vlog Edukasi Protokol Kesehatan untuk FKTP

- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar Lomba Video Blog ( Vlog) Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ( FKTP).

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan, lomba tersebut bertujuan untuk mendorong fasilitas kesehatan dan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19, memperkuat peran edukasi FKTP, serta memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

“Lomba ini diharapkan dapat meyakinkan peserta dan masyarakat bahwa protokol kesehatan Covid-19 tidak mengurangi akses layanan kesehatan di FKTP yang termasuk dalam Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” kata Iqbal, seperti dalam keterangan tertulisnya.

FKTP yang ingin berpartisipasi dalam lomba tersebut, dapat mengunggah vlog pada akun Twitter atau Instagram FKTP. Jika FKTP tidak memiliki akun media sosial, maka video dapat diunggah di akun staf FKTP, Senin (17/8/2020).

Pada video tersebut, pihak FKTP harus menandai akun Instagram @BPJSKesehatan_RI atau Twitter @BPJSKesehatanRI, dan mencantumkan tagar #BanggaProdukIndonesia serta #JaminanKesehatanNasional.

Nantinya, vlog tersebut akan dinilai secara berjenjang mulai dari tingkat cabang, wilayah, dan nasional. Tim Dewan Juri Cabang dan Wilayah akan melibatkan Dinas Kesehatan, serta Tim Kendali Mutu dan Biaya Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Daerah.

Sementara itu, tim Dewan Juri Nasional akan melibatkan Kementerian Kesehatan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, serta pakar komunikasi.

“Kami harap partisipasi FKTP dalam lomba vlog ini menjadi upaya bersama dan bentuk gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Iqbal.

Tak lupa, Iqbal mengajak masyarakat terus berkontribusi melalukan hal sederhana seperti menggunakan masker, mencuci tangan, serta menerapkan physical distancing dan perilaku hidup bersih sehat.

“Apabila bisa melakukan itu dengan konsisten, masyarakat dapat menghindarkan diri sendiri dan orang-orang sekitar dari Covid-19,” kata Iqbal.