Kesehatan

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet
Jakarta -

Cara menyimpan daging kurban bisa dibilang gampang-gampang susah. Asal tahu caranya, daging kurban bisa disimpan cukup lama tanpa takut bakalan rusak.

Karena tidak selalu habis dalam sekali masak, ada kalanya daging kurban sisa perayaan Idul Adha harus disimpan untuk keesokan hari atau bahkan mungkin lebih lama lagi. Cara menyimpan daging kurban yang tepat dibutuhkan agar daging tetap awet dan tidak rusak.

Beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara menyimpan daging kurban adalah sebagai berikut:

1. Harus di freezer?

Tergantung seberapa lama daging akan disimpan. Jika hanya untuk disimpan 1-2 hari ke depan, masuk lemari pendingin tidak masalah. Namun jika ingin lebih lama, maka ada baiknya dibekukan di freezer.

Dalam sebuah wawancara dengan detikcom, pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Purwiyanto Hariyadi menjelaskan bahwa daging bisa awet hingga berbulan-bulan jika dibekukan.

"Kalau dengan lemari es biasa bisa tiga sampai empat hari. tapi kalau di freezer sepanjang itu frozen bisa sebulan, tiga bulan, empat bulan juga nggak masalah," jelasnya.

2. Jangan lupa dicuci dulu

Sebelum masuk kulkas, pastikan daging yang akan disimpan masih cukup segar. Tidak busuk, warna dan baunya tidak menunjukkan tanda-tanda mencurigakan.

Setelah itu, pastikan kondisi daging bersih sebelum masuk kulkas. Jika perlu, cuci dulu hingga bersih.

3. Lebih baik dibagi-bagi

Jika hendak menyimpan daging di freezer alias dibekukan, ada baiknya membagi daging tersebut menjadi beberapa bagian. Selain akan memudahkan penataan di freezer, juga menjaga kesegaran karena saat diambil sebagian untuk dimasak maka bagian lain tidak perlu ikut terambil.

4. Dinginkan dulu sebelum dibekukan

Cara menyimpan daging kurban yang disarankan adalah mendinginkan dulu daging yang akan disimpan. Setelah didinginkan di lemari es selama kurang lebih 6 jam, baru dimasukkan ke dalam freezer.

5. Perhatikan kemasan

Penggunaan plastik kresek hitam umumnya sudah ditinggalkan. Kalaupun masih mendapatkan jatah pembagian menggunakan plastik semacam itu, bersihkan daging lalu pindahkan ke wadah lain yang lebih bersih. Bisa dengan plastik bening, atau masukkan ke dalam kotak-kotak kemasan yang lebih mudah ditata.



Simak Video "Panduan WHO agar Aman dari COVID-19 saat Idul Adha"

(up/up)