Kesehatan

Cara Mudah Atasi Masalah Susah BAB Saat Traveling

Cara Mudah Atasi Masalah Susah BAB Saat Traveling

, Jakarta Traveling merupakan aktivitas yang disukai banyak orang. Di sini momen penting untuk melepas rasa jenuh dari rutinitas kerja sekaligus mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan dari destinasi-destinasi wisata yang dikunjungi.

Dibalik kebahagiaan yang bisa hadir saat traveling ternyata tersimpan masalah yang bisa mengganggu kesehatan dan suasana traveling, lho. Dilansir dari klikdokter.com, ditemukan fakta bahwa 4 dari 10 orang yang hobi bepergian jauh atau traveling sering mengalami masalah gangguan sistem pencernaan atau lebih detailnya, mereka buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Kalaupun muncul keinginan untuk BAB terkadang tinja yang dihasilkan akan keras dan perlu mengejan berlebih. Ini termasuk kondisi yang berbahaya kalau terjadi terlalu sering. Bahkan jika ada makanan dalam perut dan usus yang lama tidak dikeluarkan dapat menyebabkan susah BAB. Kenapa saat traveling bisa terjadi susah BAB?

Penyebab susah BAB

Setidaknya ada penyebab yang umum dirasakan para traveler. Pertama,  perubahan rutinitas dan pola makan. Karena tidak sedang di rumah maupun di kota sendiri, tentu tidak bisa sembarang makan. Kita pasti akan pilih-pilih yang ujungnya bisa telat makan atau bahkan terlalu cepat makan.

Kedua, merasa tidak nyaman dan gelisah karena berada di tempat baru. Tidak semua orang bisa dengan mudah BAB di tempat umum dan asing. Belum lagi faktor kebersihan dan kenyamanan toiletnya. Beberapa orang malah memilih menahan diri dan minum obat anti diare.

Ketiga, faktor kelelahan dan kurangnya perhatian pada tubuh. Semua energi digunakan untuk jalan-jalan dan mengeksplor destinasi. Sibuk mengambil gambar dan menikmati suasana, yang terkadang membuat orang lupa dia seharusnya makan dan mencukupi asupan air minum.

Kalau sudah tahu penyebabnya, kini saatnya mengatasi masalah susah BAB saat traveling.