Kesehatan

Cara Tingkatkan Fokus di 2020

Cara Tingkatkan Fokus di 2020

, Jakarta - Kembali melakukan aktivitas setelah libur tahun baru dapat mengganggu fokus seseorang, baik dalam bidang pekerjaan, maupun pendidikan.

Penulis, artis, perawat kesehatan, terapis, ilmuwan, insinyur, pengacara, atau wirausaha, perlu melibatkan fokus dalam pekerjaannya. Kita semua memiliki cara kita sendiri untuk melambat dan mendapatkan ketenangan pikiran yang cukup untuk fokus. Namun, jika Anda clueless, Eugene Gendlin memberikan 5 tips untuk membuat seseorang menjadi lebih fokus, seperti yang dilansir pada laman Psychology Today.

1) Bersihkan ruangan 

Dalam buku Focusing, penulis Eugene Gendlin menyarankan untuk membersihkan ruangan tempat Anda bekerja atau belajar.

Hal ini dapat dilakukan dari sudut pandang fisik dan psikologis. Secara fisik, membersihkan ruangan sangat membantu untuk membersihkan meja dari apa pun yang tidak penting untuk Anda kerjakan, dan dapat memberi Anda ruang untuk berpikir. Secara psikologis, Anda mungkin ingin menjauhkan diri dari masalah yang mungkin menghambat kemampuan Anda untuk fokus.

Gendlin menyarankan untuk berhubungan dengan indera “rasa”, mencari tahu di mana letak Anda kehilangan fokus, dan mencoba menjauhkan diri dari itu. Dengarkan pesan-pesan yang diberikan tubuh Anda, dan tulis tentangnya.

2) Meditasi

Cara termudah untuk mulai bermeditasi adalah duduk dengan tenang dan mengikuti napas. Bagi mereka yang kesulitan duduk diam, Gendlin merekomendasikan untuk meditasi jalan.

Dia juga memberikan tips untuk memulai meditasi ini. Pertama, lakukan meditasi sebelum kesibukan dimulai. Setelah mengidentifikasi waktu terbaik untuk Anda, temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu. Cara terbaik adalah duduk diatas bantal di lantai.

Jika duduk di lantai, silangkan kaki satu di atas yang lain. Tutup mata, dan fokus pada diri Anda untuk melihat bagaimana perasaan Anda secara emosional dan fisik.

Biarkan pikiran mendatangi Anda, dan dengan setiap napas, biarkan pikiran itu melayang seperti awan. Jika Anda masih kesulitan fokus, coba hitung napas Anda. Misalnya, tarik napas, lalu ucapkan angka "satu", lalu buang napas, dan ucapkan angka "dua,", lalu buang napas. Lakukan sampai sepuluh kali, dan kemudian mulai lagi.