Kesehatan

Cegah Virus Corona, Kota Shenzhen di Tiongkok akan Larang Konsumsi Anjing dan Kucing

Cegah Virus Corona, Kota Shenzhen di Tiongkok akan Larang Konsumsi Anjing dan Kucing

, Jakarta Pejabat legislatif Shenzhen, Tiongkok berencana mengeluarkan aturan pelarangan konsumsi daging kucing dan anjing usai wabah virus corona COVID-19 yang merebak di negara tersebut. Hal ini merupakan salah satu upaya daerah dalam upaya nasional terkait merebaknya penyakit tersebut.

Tidak hanya anjing dan kucing, ada beberapa hewan lain yang akan dikeluarkan dalam daftar binatang yang boleh dikonsumsi seperti ular, kura-kura, kelelawar, dan katak.

Sementara itu, dikutip dari Express pada Kamis (27/2/2020), ada sembilan hewan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi yaitu: sapi, domba, kelinci, babi, bebek, keledai, angsa, dan merpati, serta makanan laut dan ikan tertentu.

Kepada Shenzhen Special Zone Daily, pejabat setempat mengatakan selain daftar yang diperbolehkan, mereka tidak akan mengeluarkan "daftar hitam" karena Tiongkok memiliki puluhan ribu spesies yang tak mungkin dimasukkan semua.

“Jika pemerintah setempat ingin membuat daftar hewan liar yang tidak bisa dimakan, itu akan terlalu panjang dan tidak bisa menjawab pertanyaan dengan tepat hewan apa yang boleh dimakan," kata pejabat setempat dalam pernyataan resminya.