Kesehatan

Curhat Perawat Soal Gerahnya Pakai APD, Kulit Sampai Keriput dan Terluka

Curhat Perawat Soal Gerahnya Pakai APD, Kulit Sampai Keriput dan Terluka
Jakarta -

Seorang perawat yang berinisial I bekerja di salah satu rumah sakit di Makassar. Ia adalah salah satu dari sekian banyak petugas medis yang sedang berjuang di garda terdepan, untuk memerangi virus Corona COVID-19.

Selama bertugas terutama saat berada di kamar pasien COVID-19, para petugas medis wajib menggunakan alat pelindung diri (APD). Perawat ini mengatakan, saat memakainya panas yang terasa sangat luar biasa.

"Pake APD itu kan panasnya luar biasa. Itu kalau kita buka, kita sudah mandi keringat. Tangan sudah putih mengkerut seperti sudah lama renang," kata I pada detikcom, Rabu (8/4/2020).

Tak hanya keringat yang didapatkan, tapi ada beberapa luka di wajahnya setelah menggunakan APD. Luka yang terlihat ada di bagian pipi dan juga hidung.

"Ada di daerah pipi dan hidung bekas masker. Tapi, kalau saya pribadi paling terasa di hidung sampai muncul kayak jerawat. Jadi, saya pake hypafix untuk di bagian hidung supaya ndak langsung kena kulit," jelasnya.

Meskipun sangat terasa sakitnya, tapi itu hanya terasa selama dua hari. Untuk mengatasi hidungnya agar tidak sakit lagi, ia menggunakan perekat sebelum memakai masker. Ini dilakukan agar masker tidak langsung terkena kulit pada bagian hidung.

Sementara itu, luka yang ada di bagian pipinya terbentuk karena tali masker dan bisa hilang dalam waktu sehari. Sejak Minggu (6/4/2020) lalu, I menggunakan APD mulai pukul 17.00 sampai 20.00 waktu setempat. Tapi, ia hanya sanggup menggunakannya selama tiga jam.

"Saya hanya bisa pakai itu (APD) selama tiga jam saja. Saya sendiri tidak tahu dari WHO itu berapa lama pemakaiannya. Tapi, kalau kami selalu bilang ke temen-temen yang lain kalau tidak sanggup buka saja," ujar I.

Benerapa atribut APD yang digunakan ada banyak sekali. Di antaranya adalah beberapa bagian seperti masker N95, masker bedah, tutup kepala, hazmat, handscoen non steril, handscoen steril, boot, jas hujan, dan helm atau penutup wajah.



Simak Video "Gemas! APD Dibikin Warna-warni Seperti Teletubbies"

(sao/up)