Kesehatan

Dokter Berharap Obat Trastuzumab Jenis Ini Juga Ditanggung BPJS Kesehatan

Dokter Berharap Obat Trastuzumab Jenis Ini Juga Ditanggung BPJS Kesehatan

, Jakarta Salah satu obat kanker yang ditanggun oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berjenis Trastuzumab. Namun, seiring berjalannya waktu dan ditemukannya jenis obat yang dirasa lebih inovatif, dokter juga menyarankan obat lain untuk bisa ikut ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional.

Dokter merekomendasikan obat kanker berjenis Trastuzumab emtansine yang dinilai harusnya juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Hal tersebut karena obat ini dinilai lebih mampu mengendalikan kanker payudara HER2-Positif stadium 4 dengan efek samping yang lebih rendah.

"Trastuzumab masuk dalam BPJS, tapi itupun delapan kali (keluar masuk). Trastuzumab emtansinenya belum, tapi karena sudah di Badan POM, sudah bisa diakses secara reguler. Kita doakan mudah-mudahan masuk BPJS," kata dokter spesialis penyakit dalam Cosphiadi Irawan dalam temu media di Jakarta pada Rabu (28/8/2019).

Dalam presentasinya, Cosphiadi mengatakan bahwa obat ini telah masuk dalam skema pembiayaan JKN di 41 negara sejak 6 tahun yang lalu.

"Hal ini memberikan kesempatan yang berharga selain untuk meningkatkan hasil pengobatan pasien, juga mengurangi beban ekonomi, psikologis, dan psikososial yang perlu ditanggung oleh masyarakat," ujarnya.