Kesehatan

Fakta Seputar Kanker Prostat Seperti yang Diidap Arswendo Atmowiloto

Fakta Seputar Kanker Prostat Seperti yang Diidap Arswendo Atmowiloto

, Jakarta Arswendo Atmowiloto, budayawan sekaligus wartawan senior ternama mengembuskan napas terakhir pada sore ini, Jumat (19/7/2019) pukul 17.50 WB di kediamananya, Kompleks Kompas, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Diketahui almarhum sempat menjalani perawatan di RS Pusat Pertamina Jakarta akibat kanker prostat stadium 2.

Menyoal kanker prostat, dokter Devia Irine Putri dari KlikDokter pernah menulis. Bahwa kanker prostat terjadi saat sel-sel di kelenjar prostat berubah menjadi sel ganas. Kondisi ini berujung prostat membesar, keras, dan berbenjol-benjol.

Kelenjar prostat seperti yang dialami Arswendo Atmowiloto merupakan kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih pria dan berfungsi  menghasilkan air mani. Beberapa faktor risiko terjadinya kanker prostat yaitu riwayat keluarga.

"Kanker prostat dapat diturunkan dalam satu keluarga. Jika ayah atau saudara laki-lakinya mengidap kanker prostat, maka kondisi tersebut akan meningkatkan risiko seseorang juga mengalami kanker prostat," tulis Devia dikutip dari laman KlikDokter, Jumat (19/7/2019).