Kesehatan

Hati-hati, Hipertensi di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung

Hati-hati, Hipertensi di Usia Muda Tingkatkan Risiko Serangan Jantung
Jakarta -

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai macam penyakit, dan salah satunya adalah serangan jantung. Tak hanya dialami oleh orang berusia tua, nyatanya hipertensi lebih mudah terjadi pada anak muda.

Wakil Ketua 1 Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, dr Erwinanto, SpJP(K), FIHA, mengatakan kemajuan zaman membuat anak muda lebih sering terpapar faktor risiko, sehingga mengakibatkan terkena hipertensi.

"Orang muda itu cenderung terkena faktor risiko lebih banyak. Mungkin kalau orang tua lebih bisa menahan, kalau anak muda itu makan banyak, diabetes, terus ngerokok jadi karena gaya hidup," kata dr Erwinanto di Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

dr Erwinanto juga menjelaskan bahwa anak muda yang sudah mengalami hipertensi akan lebih mudah terkena berbagai macam penyakit kardiovaskular bila tak cepat ditangani dengan baik.

"Kalau dia sudah terpapar dengan hipertensi dengan sendirinya semakin lama dia terpapar, dia akan lebih berisiko mengalami stroke, serangan jantung dan gagal ginjal yang lebih tinggi," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"

(up/up)