Kesehatan

Hati-Hati, Ikut Bottle Cap Challange Bisa Bikin Keseleo

Hati-Hati, Ikut Bottle Cap Challange Bisa Bikin Keseleo

, Jakarta  Anda mungkin terinspirasi mengikuti Bottle Cap Challange seperti yang dilakukan aktor Jason Statham atau John Mayer. Namun, perlu hati-hati ya agar tidak keseleo maupun cedera lainnya.

Tantangan membuka botol dengan menendang bagian kepala botol ini memang begitu menarik. Sayangnya, jika dilakukan tanpa persiapan malah bisa menimbulkan risiko cedera. Berikut beberapa cedera yang bisa timbul, di antaranya:

1. Patah tulang

Cedera jenis ini sangat mungkin terjadi pada orang yang hendak membuka botol (penendang). Dalam bottle cap challenge, orang harus melakukan tendangan berputar sambil melompat layaknya gerakan kung fu. Jika yang menendang tidak hati-hati dan melakukan gerakan yang tidak tepat, patah tulang bisa saja terjadi.

"Sangat mungkin yang melakukan bottle cap challenge mengalami cedera patah tulang di sekitar telapak kaki. Ini karena gerakannya sangat esktrem dengan lompatan," ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

2. Cedera otot

Pikir dua kali sebelum Anda benar-benar mencoba bottle cap challenge. Ini karena tantangan tersebut bisa saja menimbulkan cedera otot, apalagi jika Anda melakukannya tanpa pemanasan terlebih dahulu.

"Gerakan tendangan yang tidak dipersiapkan dengan baik bisa menyebabkan cedera pada otot, seperti tendon tertarik atau kram," kata dr. Theresia.