Kesehatan

Indonesia Melesat Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

Indonesia Melesat Jadi Negara Paling Dermawan di Dunia

, Jakarta Untuk pertama kalinya, Indonesia melesat menempati posisi puncak Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2018. Pada tahun 2017, Indonesia berada di posisi kedua CAF World Giving Index dengan skor 59 persen.

Berdasarkan buku laporan CAF World Giving Index 2018, A Global View of Giving Trends, yang dipublikasikan pada Oktober 2018, skor Indonesia untuk membantu orang lain sebesar 46 persen, berdonasi materi 78 persen, dan melakukan kegiatan sukarelawan 53 persen.

"Laporan tahun 2018 sangat menggembirakan bahwa jutaan orang membantu orang lain dan menyumbangkan waktu mereka menjadi sukarelawan. Beberapa negara memang menunjukkan, penurunan tajam dalam tingkat pemberian donasi. Kita harus melihat dengan cermat untuk menganalisis alasan yang mungkin terjadi," tulis Direktur Eksekutif Charities Aid Foundation, John Low dalam kata pengantar pada laporan tersebut.

Pencapaian Indonesia di peringkat pertama menggeser posisi Myanmar. Pada CAF World Giving Index 2018, Myanmar turun ke peringkat 9, setelah sebelumnya memegang posisi teratas sejak tahun 2014. Skor Myanmar menurun sejak tahun 2017.

Donasi sumbangan uang turun dari 91 persen menjadi 88 persen, membantu orang lain turun dari 53 persen menjadi 40 persen serta melakukan kegiatan sukarelawan turun dengan jumlah terbesar dari 51 persen menjadi 34 persen.

Nilai membantu orang asing dan menjadi sukarelawan adalah yang terendah dicatat bagi Myanmar oleh CAF World Giving Index. Setelah krisis Rohingya mencapai puncak sepanjang 2017, sulit menyimpulkan, masalah negara telah berkontribusi pada masyarakat Myanmar kurang mau atau kurang mampu berdonasi dan membantu sesama.