Kesehatan

Kanker Bisa Kambuh, Kenapa?

Kanker Bisa Kambuh, Kenapa?

, Jakarta - Memperhatikan kasus kanker yang seringkali kembali setelah beberapa tahun dinyatakan sembuh, Ahli dan Pemerhati Kanker Prof. Dr. dr. Soeharti A Gondhowiardjo menjelaskan bahwa hal tersebut karena sifat kanker yang ganas.

Diketahui, kanker adalah penyakit dengan penyebab kematian terbesar kedua di dunia. Menurut data Globocan, terdapat 58,2 ribu kasus baru  kanker payudara, 30 ribu kasus baru kanker paru, dan 32,4 kasus baru kanker serviks, dengan total hampir 350 ribu kanker di Indonesia.

"Kanker itu sebenarnya adalah tumor. Apa sih tumor itu? Benjolan yang tidak normal di badan. Tumor tuh ada yang ganas dan yang engga, yang ganas itu namanya kanker," kata Soeharti, saat ditemui dalam acara diskusi nasional penanggulangan kanker di RS Dharmais, Jakarta Barat.

Menurutnya, yang membedakan kanker dengan tumor adalah batasnya. Kanker jinak mempunyai batas seperti balon, dan bisa melakukan operasi pengangkatan tumor. Sedangkan kanker tidak mempunyai batas, dia menyebar, dan masuk di antara sel normal.

"Kalau pembuluh darah terbuka, kanker masuk, lari (sel kankernya ke bagian tubuh lain)," kata Soeharti.

Sel kanker mempunyai kemampuan untuk hidup ditempat lain, dan hal itu yang menyebabkan kanker sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

Soeharti menambahkan, sebelum mengobati pasien kanker, perlu periksaan terlebih dahulu di seluruh badan. "Levernya, tulangnya, otaknya, terus parunya bagaimana, karena begitu ada di tempat lain jadinya stadium 4," jelasnya.