Kesehatan

Kata Pria Soal Larangan Merokok Khusus Wanita di Pamulang

Kata Pria Soal Larangan Merokok Khusus Wanita di Pamulang
Jakarta - Baru-baru ini papan larangan merokok khusus wanita viral di media sosial Facebook. Pelarangan ini diterapkan di Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan. Dari pantauan detikcom, pria masih bebas merokok di area kampus termasuk dosen selagi bukan di gedung kampus.

Kebijakan ini diterapkan oleh pihak yayasan yang menaungi kampus. Sudah sejak lama diterapkan, namun baru ada pembaharuan papan belakangan ini. Hal ini menuai banyak komentar dari para mahasiswa. Beberapa dari mereka mengaku tidak paham mengenai aturan tersebut.

Albert Setiadi, mahasiswa semester tujuh Fakultas Ekonomi dan Managemen, mengaku belum tahu aturan jelasnya. Untuk sanksipun belum paham betul bagaimana prosedurnya meski sudah hampir 3,5 tahun kuliah.

"Sanksinya belum tahu sih dan belum pernah ada juga yang kegap," kata Albert, saat ditemui detikcom di Unpam, Rabu (8/1/2020).
Di area kantin, mahasiswa tampak bebas merokok. Larangan hanya ditujukan untuk mahasiswi.Di area kantin, mahasiswa tampak bebas merokok. Larangan hanya ditujukan untuk mahasiswi. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth



Aturan tersebut, bagaimanapun kerap dinilai tidak adil oleh mahasiswa. Sanksi langsung dikeluarkan dari kampus dinilai mungkin terlalu berlebihan.

Menurut Akhyardi, mahasiswa semester satu Jurusan Akuntansi, untuk sanksi jangan sampai dikeluarkan. Seharusnya diberi nasihat mengenai bahaya rokok bagi perempuan khususnya. Selain itu, karena mencari tempat kuliah juga dirasa sulit.

"Jangan sampai dikeluarin. Karena cari kuliah itu nggak gampang," sarannya.

Sebagian kalangan menganggap larangan ini seksis.Sebagian kalangan menganggap larangan ini seksis. Foto: Nurul Khotimah/detikHealth




Rokok sama-sama berbahaya bagi tubuh namun hanya perempuan yang dilarang secara tegas di Unpam. Salah seorang mahasiswa mengungkapkan bahwa ini memang tidak adil jika dilihat dari segi kesehatan.

"Kalo dari segi (bahaya) rokoknya ya nggak adil. Karena kan cewek juga manusia, cowok juga manusia. Cowok boleh kenapa cewek nggak? Tapi kalo dari penilaian stigma, etikanya saya rasa adil," tutur Faisal Indrawan, mahasiswa semester 7, Jurusan Managemen.

Papan larangan merokok yang ditujukan khusus untuk mahasiswi banyak ditemui di kantin kampus. Sedangkan larangan yang lebih umum juga banyak terpasang di tempat lain, tanpa menyebut jenis kelamin, dan diasumsikan berlaku bagi pria maupun wanita.
Papan larangan merokok yang lebih umum tanpa menyinggung jenis kelamin ada di area lain kampus Universitas Pamulang.Papan larangan merokok yang lebih umum tanpa menyinggung jenis kelamin ada di area lain kampus Universitas Pamulang. Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth



Simak Video "Bersiteguh Vape Aman, Vaper Ramai-ramai Pamer Rontgen Dada"

(up/up)