Kesehatan

Kemenkes Dorong Regulasi Vape Masuk Peraturan Pemerintah

Kemenkes Dorong Regulasi Vape Masuk Peraturan Pemerintah

, Jakarta Belum masuk regulasi resmi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang mendorong regulasi vape atau rokok elektrik masuk dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 109 Tahun 2012.

"Kami sedang merevisi PP 109 Tahun 2012 untuk mengatur penggunaan dan peredaran vape. PP itu akan disempurnakan dengan memasukkan sekaligus mengakomodir, apakah vape masuk kategori rokok sintetis atau kimia," ungkap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Anung Sugihantono saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, ditulis Rabu (11/9/2019).

PP tentang tembakau baru muncul pada 2012 yaitu PP Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. Dalam PP tersebut berisi aturan soal produk tembakau secara keseluruhan atau sebagian terbuat dari daun tembakau (rokok konvensional), penggunaan, peredaran, promosi kesehatan, dan perlindungan kesehatan. Untuk regulasi vape atau rokok elektrik belum tercantum saat PP tersebut pertama kali dibuat.