Kesehatan

Kemenkes Tegaskan Cacar Monyet Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan Khusus

Kemenkes Tegaskan Cacar Monyet Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan Khusus

, Jakarta Warga Indonesia tidak perlu takut dengan adanya laporan cacar monyet di Singapura. Pasalnya, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

"Tidak ada pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk infeksi virus Monkeypox. Pengobatan simptomatik dan suportif dapat diberikan untuk meringankan keluhan yang muncul," kata Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu (15/5/2019).

Masa inkubasi cacar monyet biasanya berlangsung selama 6 sampai 16 hari. Beberapa bisa terjadi selama 5 sampai 21 hari. Gejala yang timbul berupa demam, sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Ruam kulit biasanya muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mereka lalu berkembang dari bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, dan mengeras. Setelah mengeras, biasanya perlu waktu hingga tiga minggu untuk ruam menghilang.