Kesehatan

Kista Ovarium Sebesar 18 Kg Tumbuh di Perut Wanita Ini Sampai Sulit Napas

Kista Ovarium Sebesar 18 Kg Tumbuh di Perut Wanita Ini Sampai Sulit Napas
Jakarta - Tak mampu membayar biaya periksa ke dokter, selama tujuh bulan Kavita Kalam asal India (38) harus menahan rasa sakit kista yang tumbuh di ovariumnya setiap hari. Kista seberat 18 kg ini tumbuh sangat besar hingga ia kesulitan bernapas.

Dilaporkan The Sun, para tetangga membantunya mengumpulkan dana untuk berobat. Dr Arpita Jaiswal Singam yang menangani Kavita menyebut kista tersebut hampir menutupi 95 persen perutnya dengan diameter perkiraan 106 sentimeter.

Dengan ukuran tersebut, kista ini menjadi kista terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah medis. Selain itu membuatnya menjadi sulit untuk diangkat karena ukurannya yang besar, namun para dokter harus segera bergerak cepat, atau nantinya kista ini akan merusak perutnya.


"Sangat sulit mengangkat kista sebesar itu melalui ruang yang sangat terbatas," imbuh Dr Abhishek Kothule, seorang dokter kandungan lain yang ikut mengobati Kavita.

Operasi pengangkatan kista ini dimulai dari pembedahan sepanjang dua sentimeter di atas tulang selangka Kavita. Selama operasi, ia dilaporkan stabil hingga selesai. Kini ia sedang dalam masa pemulihan, berat badannya pun menurun dan ia mampu makan makanan padat lagi.

Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang berada di dalam ovarium atau di permukan ovarium (indung telur). Beberapa wanita bisa memilikinya namun pada umumnya berukuran kecil dan tidak berbahaya, akan hilang dalam beberapa bulan dengan sendirinya.

Namun jika tumbuh kista ovarium yang lebih besar seperti pada kasus Kavita bisa menyebabkan nyeri di bagian kelamin, rasa kembung atau berat di bagian perut, menurut Mayo Clinic. Faktor risikonya meliputi masalah hormonal, endometriosis, infeksi pelvis atau riwayat kista sebelumnya.





Simak Video "Dilarikan ke RS, Kista Ovarium Kate Beckinsale Pecah "

(frp/up)