Kesehatan

Kronologi Banjir RSCM yang Menggenangi Ruang Radiologi

Kronologi Banjir RSCM yang Menggenangi Ruang Radiologi
Jakarta -

Hujan deras pada Minggu pagi (23/2) membuat beberapa wilayah tergenang banjir. Kali ini Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) turut merasakan dampaknya.

Banjir yang terjadi di RSCM disebut menggenangi beberapa ruangan pemeriksaan, di antaranya radioterapi dan radiologi. Genangan banjir juga membuat beberapa alat medis mengalami kerusakan.

Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Agus Wibowo. "Iya benar, infonya dari BPD DKI Jakarta begitu, tapi saya belum cek," katanya saat dihubungi detikcom.

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Kepala Bagian Humas RSCM menyebutkan tidak terjadi banjir di RSCM, hanya genangan. Saat ini disebut air telah surut dan kondisi sudah mulai kondusif.

Berikut kronologi banjir di RSCM

Pukul 05.00

Terjadi genangan air setinggi mata kaki (sekitar 8 cm) akibat hujan yang cukup deras di sepanjang selasar Gedung GH RSCM , yang berdampak juga masuknya air tersebut ke beberapa ruangan seperti radiologi dan radioterapi.

Pukul 08.00

Genangan air tersebut telah surut dan lokasi pelayanan seperti radiologi dan radioterapi telah selesai dibersihkan

Pukul 11.00

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengunggah sejumlah foto-foto banjir di RSCM. Dikatakan bahwa banjir tersebut masuk ke ruang radiologi dan merusak beberapa alat.

"RSCM banjir di bagian Radiologi. Alat yang kebanjiran: Stationary xray ceiling, fluoroscopy, mammography, stationary xray floor, mobile xray, 2 unit CT scan, 1 unit ultra sound 'accuson' terendam, seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam, 1 unit MRI siemens terendam," tulis Agus Wibowo

Pukul 13.30

Pihak RSCM menyebut hingga kini pelayanan pasien di RSCM tidak terganggu dan tetap berjalan seperti biasa baik itu di ruang gawat darurat (IGD) maupun di ruang rawat inap.

Sampai saat ini tim Fasmed RSCM dan BPFK Jakarta masih melakukan pengecekan alat alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar oleh genangan air tersebut, dan sepanjang pemantauan belum ditemukan kerusakan yang berarti.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"

(kna/up)