Kesehatan

Langgar Aturan Lockdown, Menkes Selandia Baru Akui Dirinya 'Idiot'

Langgar Aturan Lockdown, Menkes Selandia Baru Akui Dirinya 'Idiot'
Jakarta -

Menteri kesehatan (Menkes) Selandia Baru, Dr David Clark, melanggar aturan lockdown di negaranya. Ia diketahui mengajak keluarga ke pantai yang berjarak 20 km dari rumahnya. Clark kemudian meminta maaf atas kejadian yang telah ia lakukan saat masyarakat Selandia Baru didesak untuk tetap di rumah.

Clark menyebut dirinya sendiri 'idiot'. Ia mengatakan perjalanannya ke pantai merupakan tindakan pelanggaran dan telah menawarkan mundur dari jabatan kepada perdana menteri sebagai bentuk tanggung jawab.

"Sebagai menteri kesehatan adalah tanggung jawab saya untuk mengikuti aturan. Selain itu harus memberi contoh kepada masyarakat Selandia Baru. Saya telah meminta maaf kepada Perdana Menteri dan telah mengajukan pengunduran diri saya," kata Clark, dikutip dari The Guardian, Selasa (7/4/2020).


Perdana Menteri Jacinda Ardern, menanggapi pernyataan Clark dengan mengatakan selama pandemi ini dirinya tidak akan melakukan perombakan. Karena menurutnya yang dibutuhkan melawan virus ini adalah kerja sama pemerintah. Meskipun nantinya setelah pandemi berakhir Clark harus bertanggung jawab.

"Dalam kondisi normal, saya akan memecatnya. Yang ia lakukan salah dan tidak ada alasan. Tetapi saat ini prioritas saya adalah perjuangan kolektif pemerintah melawan virus corona COVID-19," kata Ardern.

"Kami tidak bisa melakukan gangguan besar-besaran di sektor kesehatan. Untuk alasan itu, Dr Clark akan dipertahankan selama pandemi ini," tutupnya.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"

(fds/fds)