Kesehatan

MA Batalkan Kenaikan Iuran Peserta Mandiri, BPJS Kesehatan Tunggu Perpres Baru

MA Batalkan Kenaikan Iuran Peserta Mandiri, BPJS Kesehatan Tunggu Perpres Baru

, Jakarta BPJS Kesehatan menanggapi adanya putusan Mahkamah Agung (MA) terkait pembatalan iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk kelompok Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), yang dikenal peserta mandiri.

Putusan tersebut sudah ditayangkan melalui situs resmi Mahkamah Agung pada 31 Maret 2020.

BPJS Kesehatan telah mempelajari dan siap menjalankan Putusan MA tersebut. Saat ini, pemerintah dan kementerian terkait dalam proses menindaklanjuti putusan MA dan sedang disusun Peraturan Presiden pengganti,” terang Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (2/4/2020).

Iqbal menambahkan, upaya di atas dilakukan sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2011 Pasal 8 ayat (1); Panitera Mahkamah Agung mencantumkan petikan putusan dalam Berita Negara dan dipublikasikan atas biaya Negara.

Pada ayat (2); Dalam hal 90 (Sembilan puluh) hari setelah putusan Mahkamah Agung tersebut dikirim kepada Badan atau Pejabat Tata Usaha negara yang mengeluarkan Peraturan Perundang-undangan tersebut, ternyata pejabat yang bersangkutan tidak melaksanakan kewajibannya, demi hukum Peraturan Perundang-undangan yang bersangkutan tidak mempunyai kekuatan hukum.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.