Kesehatan

Mengenal Buah Cranberry, Si Kecil yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Mengenal Buah Cranberry, Si Kecil yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan
Jakarta -

Buah cranberry segar mungkin tidak terlalu populer dan agak sulit untuk mendapatkannya di pasaran Indonesia. Buah ini memiliki warna merah dan rasa yang asam.


Kamu dapat mengonsumsi dan mendapatkan manfaat cranberry untuk kesehatan dari olahannya. Olahan buah cranberry seperti jus, buah kering, atau kismis.

Cranberry kaya akan antioksidan dan rendah kalori. Kandungan lainnya pada buah cranberry ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Medical News Today, ini manfaat buah cranberry jika kamu mengonsumsinya:

1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Cranberry memiliki kandungan Proanthocyanidins antioksidan yang berperan agar bakteri-bakteri penyebab infeksi tidak menempel di dinding kemih. Sebuah studi juga menunjukkan orang yang mengonsumsi jus cranberry lebih sedikit terinfeksi bakteri dalam kultur urin daripada yang tidak minum jus cranberry.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan rutin mengonsumsi jus cranberry, kesehatan jantung kamu akan terjaga dan mengurangi potensi penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan cranberry kaya akan bahan kimia yang disebut polifenol yang dapat mendukung kesehatan jantung. Sebuah studi 2011 pada wanita dengan sindrom metabolik menemukan bahwa jus cranberry meningkatkan antioksidan dalam plasma darah. Orang yang minum jus cranberry juga memiliki lipoprotein densitas rendah (LDL) yang lebih rendah. LDL dikenal sebagai jenis kolesterol 'jahat'.

3. Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah cranberry juga memberi manfaat pada sel-sel tubuh, yakni menurunkan risiko kanker. Kamu bisa mengonsumsi jus buah cranberry secara rutin agar terhindar dari radikal bebas yang menyebabkan kanker.

4. Atasi Pencernaan

Kandungan phytochemical pada cranberry dapat menghambat produksi bakteri H. pylori untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jika kamu memiliki masalah pencernaan, ada baiknya kamu mengonsumsi buah cranberry ini.

5. Menjaga Kesehatan Pasca-Menopause

Manfaat dari buah cranberry lainnya adalah menjaga kesehatan pasca menopause. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry dapat mengurangi kolestrol, khususnya untuk orang yang sudah terkena menopause di mana risiko gangguan pada jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menopause.

Namun, untuk mengonsumsi buah cranberry ini juga jangan terlalu berlebihan. Karena akan menimbulkan beberapa efek samping yang justru membahayakan kesehatan kamu.

Buah cranberry mungkin akan berinteraksi dengan beberapa obat tertentu, seperti Warfarin, Siklosporin, Flurbiprofen, Diklofenak, Amoksisilin, Cefaclor, Midazolam, dan Tizanidine.

Produk olahan buah cranberry juga memiliki risiko pembentukan batu ginjal. Bila Anda memiliki riwayat batu ginjal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum jus cranberry.



Simak Video "Cegah Corona! Ini Tutorial Pembuatan Hand Sanitizer Sendiri"

(nwy/nwy)