Kesehatan

Mengerikan! 20 Gigi Bocah Ini Membusuk dan Harus Dicabut

Mengerikan! 20 Gigi Bocah Ini Membusuk dan Harus Dicabut
Jakarta - Baru-baru ini ditemukan seorang anak berusia empat tahun memiliki 20 gigi busuk. Berita ini disiarkan oleh dokter gigi yang menangani pasien tersebut melalui facebook.

Anak itu dirawat di rumah sakit Patong di Phuket, Thailand. Diketahui semua gigi pada bocah tersebut membusuk semua dengan beberapa di antaranya rusak dan beberapa hanya dengan akar yang tertanam di gusinya.

Dokter gigi menuliskan bahwa karena kerusakan gigi yang serius,saraf di bawah gigi bisa terinfeksi dan membahayakan gigi permanen di bawahnya. Oleh karenanya tidak ada pilihan selain mengekstraksi semuanya karena membiarkan mereka jatuh sendiri akan terlalu berisiko.

"Sebelum mencabut 20 gigi busuknya, anak itu diberikan 14 suntikan anestesi dan 18 jahitan dijahit," tulis dokter dalam unggahannya, dikutip dari World of Buzz, Jumat (29/11/2019).



Hal itu berarti membutuhkan waktu delapan tahun agar gigi bocah tersebut kembali tumbuh permanen.

Menurut Sin Chew Daily, orang tua bocah laki-laki itu menempatkannya di kamarnya sendiri dan kurang memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan si anak. Hingga ditemukan semua giginya telah membusuk.

Dengan adanya kasus seperti ini orang tua harusnya lebih memperhatikan pertumbuhan anak. Memberikannya kebebasan sendiri dengan menyediakan kamar bukan berarti tugas orang tua selesai. Anak tetap menjadi tanggung jawab orang tua apalagi pada anak yang masih di bawah umur.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"

(up/up)