Kesehatan

Menjaga Persahabatan, Investasi untuk Kebahagiaan di Masa Depan

Menjaga Persahabatan, Investasi untuk Kebahagiaan di Masa Depan

, Jakarta Tidak hanya bersama keluarga saja, waktu luang harus dihabiskan. Sisakan juga saat-saat untuk bisa berkumpul dan bercengkrama dengan teman-teman, serta menjaga persahabatan.

Studi menemukan bahwa menjalin pertemanan bisa memperpanjang harapan hidup, menurunkan kemungkinan penyakit jantung, bahkan membantu kita mentolerir rasa sakit.

Mengutip Health pada Rabu (12/6/2019), studi tahun 2016 menemukan bahwa menjlain persahabatan atau bergaul dengan teman-teman bisa meningkatkan produksi oksitosin. Hormon ini mengeluarkan perasaan nyaman yang dihasilkan tubuh ketika kita bahagia.

Sains menyatakan bahwa oksitosin bisa membuat seseorang lebih mudah pecaya, murah hati, dan ramah.

Sementara itu, studi di Harvard menyatakan bahwa mereka yang tidak memiliki persahabatan kuat cenderung lebih tertekan, mengalami penurunan kognitif di kemudian hari, serta lebih rentan meninggal di usia muda.

Sebuah studi di tahun 2010 yang melakukan penelitian pada 309 ribu orang menemukan bahwa kurangnya ikatan sosial menyebabkan risiko kematian dini akibat berbagai hal, naik 50 persen. Ini sama dengan merokok hingga 15 batang per hari.