Kesehatan

Mikrodroplet Bikin Corona Gentayangan di Udara, Ini Tips Saat di Kantor

Mikrodroplet Bikin Corona Gentayangan di Udara, Ini Tips Saat di Kantor
Jakarta -

Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang penularan virus Corona melalui mikrodroplet. Droplet berukuran lebih kecil ini bisa bertahan lama di udara dalam ruangan karena bentuknya yang sangat kecil.

"Manakala ruangan tersebut sirkulasi udaranya tidak berjalan dengan baik," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Jumat (10/7/2020).

"Sehingga partikel-partikel droplet ini tertahan melayang-melayang cukup lama di udara," lanjutnya.

Yuri menjelaskan siapa pun yang berada di dalam ruangan tersebut bisa terpapar mikrodroplet jika tidak menggunakan masker dengan benar, yakni menutupi hidung, mulut, hingga dagu.

Bagaimana cara mencegah penularan Corona lewat mikrodroplet di ruang kantor?

Menurut Yuri, penularan melalui mikrodroplet bisa dicegah dengan cara menjaga sirkulasi udara di ruang kantor berjalan dengan baik. Tujuannya agar udara kotor di dalam ruangan bisa tergantikan dengan udara bersih.

"Upaya ini bisa kita lakukan dengan baik. Paksakan udara bergerak, apakah dengan menggunakan kipas angin atau menggunakan kipas untuk menghisap udara keluar agar semuanya selalu bergerak," jelasnya.

"Kemudian kalau memungkinkan, jendela dibuka pada pagi hari agar udara segar dari luar juga bisa masuk," lanjutnya.

Yuri menuturkan beberapa cara ini bisa dilakukan secara rutin agar lingkungan di ruang kerja kantor terhindar dari ancaman penularan Corona lewat mikrodroplet.



Simak Video "Apa Beda Penularan COVID-19 Lewat Droplet dan Udara?"

(up/up)