Kesehatan

Mr P Bisa 'Mengecil' Seiring Usia Bertambah, Ini 5 Cara Mencegahnya

Mr P Bisa 'Mengecil' Seiring Usia Bertambah, Ini 5 Cara Mencegahnya
Jakarta -

Boleh jadi pria di usia mudanya berbangga memiliki penis dengan ukuran yang memuaskan. Sayangnya, penis bisa menyusut seiring pria bertambah usia.

Namun ada beberapa cara yang bisa membantu memperlambat proses tersebut. Dikutip dari Daily Mail, berikut adalah 5 cara mudah untuk memperlambat proses penyusutan penis yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak seks dan masturbasi

Pakar dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa beberapa penelitian menyebutkan bahwa saat penis lembek (tidak ereksi) dalam waktu yang cukup lama sehingga kekurangan banyak darah kaya oksigen menyebabkan kadar oksigen menurun. Kondisi ini bisa mengakibatkan sel-sel otot kehilangan kelenturannya dan tak lama bisa berubah menjadi mirip jaringan luka.

2. Berhenti merokok

Merokok menyebabkan sejumlah penyakit dan kondisi. Bukan cuma semacam kanker, merokok juga bisa menyebabkan penyusutan penis Anda. Zat kimia dari batang rokok bisa merusak pembuluh darah di penis, membuatanya tak lagi terisi oleh darah.

3. Sikat gigi

Pria yang jarang menyikat giginya dua kali sehari lebih mungkin untuk sulit ereksi, menurut sebuah studi terbaru. Para peneliti dari Jinan University di China menganalisis kaitan gigi dengan performa seksual pada 213.076 pria. Mereka menemukan bahwa pria yang mengidap penyakit gusi memiliki kemungkinan 2,85 kali terkena disfungsi ereksi.

4. Jaga 'area' tetap sejuk

Saat Anda menginjak usia di atas 40 tahun, penis dan testis Anda mulai menyusut. Ada cara untuk mencegahnya, yakni menjaga area kelamin Anda tetap dingin karena hawa panas meningkatkan kemungkinan keduanya cepat menyusut. Gunakan celana pendek atau boxers, bukan celana dalam, sebagai gantinya untuk mempermudah udara masuk dan hindari mengenakan celana ketat yang bisa membatasi aliran darah.

5. Jaga berat badan ideal

Lingkar pinggang yang melebar tak hanya memberi Anda peningkatan risiko masalah jantung, diabetes, kanker, dan penyakit perlemakan hari. Ekstra lemak di tubuh juga bisa membuat penis terlihat semakin atau lebih kecil. Hal ini disebabkan penis menempel di dinding perut dan ketika perut melebar justru menarik penis semakin ke dalam.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"

(frp/up)