Kesehatan

Naya Rivera Tewas Tenggelam, Catat Pesan Dokter Saat Piknik ke Danau

Naya Rivera Tewas Tenggelam, Catat Pesan Dokter Saat Piknik ke Danau
Jakarta -

Bintang serial Glee, Naya Rivera (33), ditemukan tewas tenggelam saat berenang di Danau Piru, Ventura, Amerika Serikat pada Senin, (13/7/2020). Diketahui, ia berlibur bersama Josey Dorsey, putranya yang masih berusia empat tahun.

Jasadnya sempat menghilang. Setelah dicari oleh petugas, jasadnya ditemukan dalam kondisi mengapung setelah sebelumnya terperangkap dalam vegetasi di bawah danau.

Peristiwa tragis ini menjadi pelajaran berharga untuk lebih waspada ketika tengah melakukan aktivitas di dekat danau. Entah memancing, berenang, maupun piknik.

Berikut tips dari dr Adib Khumaidi dari PDEI (Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia) untuk kamu yang ingin piknik di danau, atau tempat apapun yang menyimpan risiko untuk tenggelam:

1. Perhatikan kondisi air

Ketika kamu ingin melakukan piknik di perairan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi air, seperti kualitas air, kedalaman titik yang kemungkinan terdapat arus berbahaya, dan perhatian khusus pada daerah terlarang.

"Jika mau melakukan aktivitas di dekat danau, kamu harus perhatikan dulu karakter dari danau itu. Bisa ditanyakan petugas tentang karakter dari danaunya," ujar dr Adib saat diwawancarai detikcom via WhatsApp, Selasa (14/7/2020).

2. Waspadai 'Area Terlarang'

Ketika kamu ingin melakukan piknik, tentunya terdapat palang atau spanduk yang membolehkan atau tidak membolehkan kamu berada pada daerah-daerah tertentu. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melanggar aturan dari palang tersebut.

"Harus ada perhatian khusus buat daerah-daerah terlarang. Pastinya, ada tempat khusus piknik yang sudah disediakan," tukas dr Adib.

3. Carilah informasi tentang lokasi tersebut

Ketika ingin melakukan piknik, maka pastikan bahwa kamu terlebih dahulu sudah diberikan informasi pada petugas yang menjaga. Upaya tersebut dapat memberikan pengetahuan, supaya kamu bisa tetap waspada. Pun, rajinlah mencari informasi yang ada pada setiap aturan tertulis yang dipaparkan pada tempat wisata itu.

"Sebelum piknik di danau, kamu harus terinformasikan dulu oleh pihak pengelola wisatanya," ujar dr Adib.

Selain itu, pastikan kamu mengetahui tingkat kemampuan mu berenang. Jika tidak bisa berenang, kamu harus membawa pelampung. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi dirimu dari hal yang tidak diinginkan saat sedang melakukan piknik di dekat danau.



Simak Video "Beda Pengertian Droplet, Airborne, dan Aerosol Terkait Penularan COVID-19"

(up/up)