Kesehatan

Optimalisasi Check Point, Salah Satu Faktor Pencegah COVID-19 di Trenggalek

Optimalisasi Check Point, Salah Satu Faktor Pencegah COVID-19 di Trenggalek

, Jakarta Moch. Nur Arifin Bupati Trenggalek menceritakan tentang berbagai upaya yang dilakukan selama berperang dengan COVID-19. Salah satu hal yang paling mendasar adalah pencegahan mulai dari check point.

Sebelumnya, ia dan jajarannya melakukan identifikasi dengan mengetahui apa yang sedang dihadapi, bagaimana cara menyebarnya, siapa yang paling berisiko, dan apa risikonya.

Menurutnya, orang yang paling berisiko membawa virus adalah pendatang. Maka pengalihan jalur pun dilakukan agar tidak sembarangan orang bisa masuk ke kabupaten tersebut.

“Seluruh warga pendatang yang ingin masuk trenggalek harus melalui check point terlebih dahulu. Bahkan setelah diberlakukan normal baru check point tetap ada di kabupaten kami,” ujarnya dalam konferensi pers BNPB, Selasa (14/7/2020).

Check point dioptimalkan dengan melakukan observasi atau skrining terhadap siapa pun yang datang. Orang yang memerlukan tes cepat maka akan dites, jika reaktif maka tidak boleh masuk namun jika penduduk asli Trenggalek maka akan langsung diisolasi.

“Mereka yang non-reaktif diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan dan beraktivitas di Kabupaten Trenggalek.”