Kesehatan

Paparan Virus Corona Wuhan Mulai Menyebar, RS Hasan Sadikin Bersiaga

Paparan Virus Corona Wuhan Mulai Menyebar, RS Hasan Sadikin Bersiaga

, Bandung Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan bersiaga menghadapi paparan virus corona mirip SARS baru yang kini telah mejangkiti ratusan orang dan tiga orang lainnya dinyatakan meninggal dunia di Wuhan, Cina.

Rumah sakit yang bertanggung jawab langsung ke Kementerian Kesehatan itu, sebelumnya telah memiliki tim dokter penanggulangan infeksi menular khusus seperti flu burung, flu babi dan flu Singapura beserta ruang isolasi.

Menurut dokter spesialis ilmu penyakit dalam RS Hasan Sadikin Bandung, Primal Sudjana, virus yang diketahui kini sebagai golongan corona yang sebelumnya hanya menjangkiti hewan. Karena kini menular ke manusia kata Primal, maka disebutkan sebagai novan corona virus 2019 Wuhan Cina.

"Jadi orang-orang yang patut dicurigai kalau misalnya orang dengan keluhan demam. Nah, walaupun tidak semua demam, karena pada anak-anak kecil, pada orang tua, pada orang yang sistem imunnya berkurang, belum tentu ada demam. Kemudian ada batuk, ada sesak napas dan ada riwayat dalam dua minggu ini pernah dari Wuhan, itu hati-hati. Mungkin jangan-jangan itu penyebabnya novan corona virus 2019 Wuhan Cina ini," kata Primal saat dihubungi melalui telepon, Bandung, Selasa, 21 Januari 2020.