Kesehatan

Pemerintah Siapkan Kapal Laut dan Pesawat untuk Jemput WNI di Kapal Diamond Princess

Pemerintah Siapkan Kapal Laut dan Pesawat untuk Jemput WNI di Kapal Diamond Princess

, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus menggali informasi terbaru mengenai perkembangan Warga Negara Indonesia yang berada di dalam kapal Diamond Princess yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto, pada Jumat (21/2), saat ini kapal Diamond Princess menjadi episentrum terbaru Covid-19.

"Sangat sangat mungkin adanya penularan. Oleh karena itu, harus lebih diawasi karena banyak yang menjadi orang dalam pengawasan (ODP)," kata Achmad Yurianto pada kesempatan yang sama.

Saat ini seluruh penumpang kapal Diamond Princess, termasuk WNI, telah diturunkan di Jepang. Pemerintah Jepang menyarankan untuk segera menjemput warga negara yang menjadi penumpang kapal ini dikarenakan mereka tidak menyediakan tempat karantina dan dikhawatirkan akan menyebarkan Covid-19.

Karena gejala klinisnya semakin ringan, bisa saja seseorang teinfeksi Covid-19 tetapi tidak diawali dengan gejala-gejala Covid-19. Oleh sebab itu, perlu ditingkatkan lagi kewaspadaan terhadap penularan virus ini.