Kesehatan

Peneliti Umumkan Pria di Inggris jadi Pasien Kedua yang Sembuh dari HIV

Peneliti Umumkan Pria di Inggris jadi Pasien Kedua yang Sembuh dari HIV

, Jakarta Adam Castillejo, dinyatakan sembuh dari HIV usai bebas dari virus tersebut selama setahun. Para peneliti pun menyatakan dia menjadi orang kedua yang sembuh dari penyakit tersebut.

18 bulan yang lalu, Adam berhenti dari terapi antiretroviral usai mendapatkan transplantasi sel induk sumsum tulang yang biasanya digunakan untuk pengobatan kanker darah.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Maret lalu di jurnal Lancet HIV, para peneliti mengatakan bahwa 30 bulan usai menghentikan obat antiretroviral penekan HIV dan 46 bulan usai transplantasi, Adam tetap berada dalam status remisi.

Dilansir dari The Guardian pada Selasa (7/4/2020), tim peneliti telah melakukan tes lebih lanjut untuk mengetahui apakah adalah keluhan medis lanjutan dan mencari keberadaan virus dalam tubuhnya. Namun, mereka tidak menemukannya.

"Temuan kami menunjukkan keberhasilan transplantasi sel induk sebagai obat untuk HIV, yang pertama kali dilaporkan sembilan tahun lalu pada pasien Berlin, dapat direplikasi," tulis Profesor Ravindra Kumar Gupta dari University of Cambridge, Inggris dalam laporannya, dikutip dari Science Daily.