Kesehatan

Premarital Check Up, Pasangan yang Akan Menikah Harus Periksa Apa Saja?

Premarital Check Up, Pasangan yang Akan Menikah Harus Periksa Apa Saja?

, Jakarta Selain mempersiapkan lokasi, gedung, jumlah tamu undangan, katering, gaun, jas, hingga pernak-pernik lainnya, ada persiapan yang sebaiknya tak dilewatkan oleh pasangan yang akan menikah. Melakukan premarital check-up penting dilakukan oleh calon mempelai.

"Kenapa premarital check-up itu penting? Karena untuk mengetahui riwayat kesehatan, risiko, dan kondisi kesehatan reproduksi masing-masing pasangan," ujar dokter kebidanan dan kandungan Sandy Prasetyo, ditemui di Palembang, Sumatera Selatan dalam acara Kondangan Pasti Sah yang diselenggarakan oleh DKT Indonesia, Minggu (17/8/2019).

Dengan mengetahui kondisi kesehatan masing-masing pasangan, kata Sandy, bisa dilakukan pencegahan atau penanganan sedini mungkin apabila ditemukan masalah kesehatan reproduksi pada pasangan.

Selain melakukan premarital check-up, dr Sandy yang berpraktik di RSIA Brawijaya Antasari ini juga mengajurkan pasangan yang akan menikah untuk merencanakan jumlah anak, waktu kehamilan, serta jarak usia antaranak.