Kesehatan

Salah Kaprah, Atasi Tersedak Bukan dengan Menepuk-nepuk Punggung dan Minum Air

Salah Kaprah, Atasi Tersedak Bukan dengan Menepuk-nepuk Punggung dan Minum Air

, Jakarta Ketika seseorang tersedak, kita seringkali spontanitas menepuk-nepuk punggung. Selama ini cara tersebut diyakini bisa membantu seseorang mengeluarkan sesuatu yang membuatnya tersedak. Ternyata cara itu keliru.

Dokter spesialis paru konsultan Dicky Soehardiman menyampaikan, menepuk-nepuk punggung seseorang yang tersedak justru akan memperparah kondisi tersedak.

“Menepuk-nepuk punggung bisa mencederai korban. Hal ini akan memperparah tersedak,” ujarnya dalam siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, ditulis Senin (2/9/2019).

Serupa dengan menepuk-nepuk punggung, pemberian air minum kepada seseorang yang tersedak pun bukan hal yang tepat. Cara ini juga akan menambah kegawatdaruratan korban.

“Penambahan cairan (pemberian minum air) akan membloking keluarnya benda asing yang membuat korban tersedak. Korban bisa saja mengalami gangguan koordinasi dan penurunan kesadaran. Air juga bisa masuk paru-paru. Ini bisa berbahaya dan menambah kegawatdaruratan pada korban tersedak,” lanjut Dicky.