Kesehatan

Sambut Hari Kesehatan Nasional ke-55, Kemenkes Sosialisasikan GERMAS

Sambut Hari Kesehatan Nasional ke-55, Kemenkes Sosialisasikan GERMAS

, Jakarta Menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada 12 November mendatang, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan berbagai acara guna mempermudah masyarakat dalam menjalani pola hidup sehat. Salah satunya dengan mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat.

"Sehat menjadi hal yang sangat penting sekali. Karena kalau tidak sehat, tentu kita tidak bisa menjadi bangsa yang produktif," ucap Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, Jumat, 20 September 2019.

Kegiatan GERMAS meliputi banyak hal terkait kesehatan fisik, pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan kualitas lingkungan serta edukasi, juga peningkatan pecegahan dan deteksi dini penyakit, terutama penyakit tidak menular.

Penyakit tidak menular yang meningkat tidak hanya dapat menurunkan produktivitas seseorang, melainkan juga bisa menyebabkan meningkatnya pembiayaan layanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat itu sendiri dan pemerintah.

"Jangan lupa untuk melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Kemudian, kita juga harus makan makanan yang bergizi," tambah Nila dalam dialog Sosialisasi Kebijakan Kementerian Kesehatan terkait GERMAS dalam rangkaian HKN ke-55 di Gedung Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.