Kesehatan

Selain Makanan, Ini Penyebab Berat Badan Naik Usai Lebaran

Selain Makanan, Ini Penyebab Berat Badan Naik Usai Lebaran

, Jakarta Sudah menimbang berat badan usai Lebaran? Beberapa orang mengatakan berat badannya stabil, tapi banyak juga yang mengatakan berat badannya bertambah.

Selain frekuensi makan yang bertambah saat Lebaran, sebenarnya ada hal lain yang menjadi biang kerok badan makin melar setelah Lebaran. Berikut diantaranya seperti disampaikan dokter Sepriani Timurtini Limbong dari Klikdokter.

- Konsumsi makanan tinggi kalori

Hidangan khas Lebaran umumnya tinggi akan kandungan kalori. Sebut saja ketupat, opor ayam, gulai ayam, rendang, nasi kebuli, lemang dan banyak lagi. Penganan tersebut biasanya diolah dengan santan yang tinggi kalori dan lemak.

Bila dalam satu hari kebutuhan kalori adalah sekitar 2000 kalori, jumlah tersebut dapat sekaligus Anda dapatkan dalam satu porsi makanan Lebaran. Inilah yang menyumbang pada kenaikan berat badan usai Lebaran.

- Konsumsi makanan tinggi gula

Putri salju, nastar, kue semprit, kue lapis, dan beragam kue kering lainnya saat Lebaran mengandung gula yang tinggi. Ditambah lagi, minuman manis yang disajikan seperti es buah, sirup, cendol, es campur semakin menambah asupan gula dalam tubuh Anda. Hal tersebut tentu menyebabkan berat badan makin bertambah dan meningkatkan risiko obesitas maupun penyakit diabetes.