Kesehatan

Sering Merasa Kesepian dalam Hubungan, Simak Alasannya

Sering Merasa Kesepian dalam Hubungan, Simak Alasannya

, Jakarta - Memiliki pasangan bukan berarti tidak merasakan kesepian. Dalam sebuah survei tahun 2018 terhadap 20.000 orang dewasa pada perusahaan layanan kesehatan Cigna ditemukan bahwa hampir 50 persen orang Amerika selalu merasa kesepian.

Bahkan, 40 persen mengatakan bahwa hubungan mereka terasa seperti tidak berarti.

Penelitian berikutnya pada tahun yang sama, yang dilakukan oleh Pew Research Center juga menemukan bahwa hampir sepertiga orang tidak merasa bahagia dengan kehidupan keluarga mereka karena lebih mungkin merasa kesepian atau terisolasi.

Jessica Small, penasihat perkawinan mengatakan perihal itu bisa terjadi karena kehilangan kesempatan untuk terhubung. "Orang-orang sering mengalami perasaan kesepian dalam hubungan mereka karena mereka kehilangan kesempatan momen intim yang disengaja, entah itu pelukan atau berciuman 10 detik di pagi hari, atau malam kencan setiap minggu," ujar Small.

Dilansir dari Bustle, ditemukan lebih banyak alasan mengapa orang merasa kesepian dalam hubungannya.

Komunikasi yang Kurang

Komunikasi adalah kunci untuk hubungan yang sukses. "Jika Anda merasa kesepian dalam hubungan Anda, Anda perlu berkomunikasi secara meta," kata psikolog yang mengkhususkan diri dalam kesehatan dan hubungan wanita Justine Grosso.

Penting untuk membahas kurangnya komunikasi, bagaimana perasaan pasangan, apakah pasangan merasakan hal yang sama, dan apa yang pasangan butuhkan agar merasa lebih dekat.

Grosso menyarankan untuk membicarakan hal ini ketika pasangan tidak merasa kesepian sehingga tidak timbul salah paham atau pasangan merasa terpojokkan.