Kesehatan

Sontek, 3 Cara Ampuh Ajarkan Anak Tidur Sendiri

Sontek, 3 Cara Ampuh Ajarkan Anak Tidur Sendiri

, Jakarta Mengajarkan anak tidur sendiri memang tidak mudah, terlebih untuk anak yang selalu bersama dengan orangtuanya. Anak yang sedari bayi sudah tidur satu ranjang dengan orang tuanya hingga berusia 3-4 tahun, akan lebih susah untuk melepas mereka tidur sendiri di kamar.

Sebagian besar anak yang baru saja memulai tidur sendiri di kamar, akan menemui banyak kesulitan. Seperti bangun dan mencari orangtuanya di malam hari, menangis karena ketakutan, dan lain sebaginya.

Namun, tidak perlu khawatir, berikut 3 cara mengajarkan anak untuk memulai tidur sendiri dan tips melatihnya, dari Direktur Yale Pediatric Sleep Center.

1. Latihan Saat Tidur Siang

Pada anak usia 4-5 tahun, latihan tidur sendiri bisa dimulai dengan tidur siang di kamar anak. Percobaan pertama, ajak anak untuk tidur di kamarnya sendiri saat jam tidur siang. Temani dia hingga dia terlelap, kemudian tinggalkan dalam keadaan tidur yang pulas. Lihat seberapa lama dia bertahan tidur di kamar hingga terbangun.

Percobaan ini bisa dilakukan berulang kali, hingga anak mulai terbiasa tidur siang sendiri di kamar. Baru setelah itu, coba latih anak untuk tidur malam di kamar sendiri. Lakukan dengan cara yang sama seperti tidur siang, temani dia hingga terlelap dan lihat seberapa lama dia bisa bertahan.