Kesehatan

Tak Hanya Sehat Jiwa Raga, Yoga Bermanfaat Bagi Kehidupan Seks

Tak Hanya Sehat Jiwa Raga, Yoga Bermanfaat Bagi Kehidupan Seks

, Jakarta Yoga menjadi salah satu aktivitas yang dikenal tidak hanya menyehatkan raga, tetapi juga menenangkan jiwa. Selain itu, banyak studi yang mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga bermanfaat bagi kehidupan seks baik pria dan wanita.

Sebuah studi yang dimuat di Journal of Sexual Medicine tahun 2009 menunjukkan bahwa latihan yoga secara teratur meningkatkan beberapa aspek fungsi seksual pada wanita seperti hasrat, gairah, orgasme, dan kepuasan secara menyeluruh.

Dikutip dari Harvard Health Publishing pada Kamis (13/8/2020), studi di India tersebut melibatkan 40 wanita sehat berusia 22 hingga 55 tahun. Sebagian besar dari mereka sudah menikah dan aktif secara seksual.

Mereka semua mengisi kuesioner fungsi seksual sembari melakukan program yoga selama satu jam dalam sehari, diikuti dengan pernapasan dan relaksasi.

Hasilnya, hampir 75 persen wanita melaporkan adanya peningkatan skor fungsi seksual di enam hal yaitu hasrat, gairah, lubrikasi, orgasme, nyeri, dan kepuasan secara menyeluruh. Bahkan pada mereka yang berusia di atas 45 tahun, melaporkan peningkatan yang paling tinggi.