Kesehatan

Tata Cara Ajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar Berdasarkan Permenkes Tahun 2020

Tata Cara Ajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar Berdasarkan Permenkes Tahun 2020

, Jakarta Terkait penanganan pandemi Corona COVID-19, setiap kepala daerah dapat mengajukan permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Keputusan penetapan PSBB tersebut akan dipertimbangkan Menteri Kesehatan.

Permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar juga bisa datang dari Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang selanjutnya diputuskan Menteri Kesehatan.

Tata cara mengajukan permohonan PSBB termaktub pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Penanganan COVID-19. Peraturan itu ditandatangani Terawan pada 3 April 2020.

Formulir pun harus diisi kepala daerah. Berikut ini tata cara permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar berdasarkan Permenkes, sebagaimana diterima Health Liputan6.com:

1. Gubernur/bupati/walikota menyampaikan usulan kepada Menteri disertai dengan data gambaran epidemiologis dan aspek lain seperti ketersediaan logistik dan kebutuhan dasar lain, ketersediaan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, dan perbekalan kesehatan termasuk obat dan alat kesehatan.

Data yang disampaikan kepada Menteri juga termasuk gambaran kesiapan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Daerah.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan .