Kesehatan

Cegah Virus Corona, KCIC Perketat Pemeriksaan Kesehatan Karyawannya

Cegah Virus Corona, KCIC Perketat Pemeriksaan Kesehatan Karyawannya

JAKARTA, - PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) memperketat pemeriksaan kesehatan karyawannya yang baru berdinas dari luar negeri. Hal ini dilakukan demi mencegah tersebarnya virus corona di Indonesia.

Selain itu, KCIC bekerja sama dengan seluruh kontraktor yang terlibat dalam proyek KCJB untuk terus melakukan monitoring seluruh pekerja.

“Terhadap tenaga kerja yang yang telah berdinas dari luar negeri dan keluar masuk proyek kami, kami  wajibkan screening kesehatan, dan termasuk update kondisi kesehatannya,” ujar Direktur HR LA & Asset PT KCIC Puspita Anggraeni dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/1/2020).

Puspita menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan beberapa rumah sakit yang ada di Jakarta dan Bandung yang terbiasa menangani penyakit menular untuk melakukan pemeriksaan.

Di sisi lain, dilakukan pula tindakan antisipasi seperti mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan masker di lingkungan kerja KCJB serta tindakan-tindakan pencegahan lainnya sesuai dengan himbauan Kementerian Kesehatan.

Virus corona (coronavirus) tengah menjadi perhatian dunia. Pasalnya selain mulai menyebar di kota Wuhan, China, virus corona jenis baru tersebut juga terdeteksi hingga Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi dari Komisi Kesehatan Nasional China, virus corona memiliki kemiripan seperti virus SARS dan MERS yang dapat mengakibatkan kematian bagi penderitanya.