Kesehatan

Tips Mencegah Kondom Tersangkut di Vagina

Tips Mencegah Kondom Tersangkut di Vagina

, Jakarta Saat berhubungan seks, pakar selalu merekomendasikan penggunaan kondom. Memang selain untuk mencegah terjadinya konsepsi atau pembuahan sel telur oleh sel sperma atau kehamilan tak diinginkan, juga untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS).

Namun, ada satu masalah yang bisa menjadi ancaman kesehatan, yaitu kondom tertinggal di dalam vagina.

Alyssa Dweck, MD, ob-gyn yang berbasis di New York, pernah menemukan kondom di dalam vagina pasiennya saat melakukan pemeriksaan.

Menurut dr. Dweck, jika seorang pria kehilangan ereksinya saat penisnya berada di dalam vagina pasangannya, kondom bisa terlepas, terlipat, dan tersangkut di dalamnya. Parahnya, itu bisa di sana tanpa si wanita sadari, hingga berhari-hari dan bahkan mungkin tak ketahuan jika wanita tidak melakukan pemeriksaan rutin.

Sehingga Anda perlu mengetahui apa saja gejala yang para wanita alami jika kondom tertinggal di dalam vagina Anda.

"Jika Anda tidak mengetahuinya, mungkin pada akhirnya Anda akan mengeluarkan cairan atau mungkin terasa gatal atau iritasi," kata Dr. Dweck, seperti dikutip Health.com. Beberapa wanita juga mungkin merasa ada yang tidak beres pada tubuhnya dalam sehari, sementara yang lain mungkin membutuhkan waktu lebih lama.