Kesehatan

Viral Jajanan dari Israel Berisi Tablet Pembuat Lumpuh, Ini Faktanya

Viral Jajanan dari Israel Berisi Tablet Pembuat Lumpuh, Ini Faktanya
Jakarta - Di media sosial ramai unggahan video menyebut adanya peredaran jajanan kue dari Israel berisi tablet yang bisa membuat lumpuh. Dalam video tampak seseorang membelah jajanan lalu menemukan dua benda bulat berukuran kecil seperti tablet berwarna putih.

Berikut narasi dari yang dibagikan salah satu pengguna Facebook:

"*AWAS*! Snack ini adalah berbahaya. Dibuat di Israel dan diekspor ke Negara Asia....di dalam snack ini mengandung tablet yang bisa membuat seseorang lumpuh!!! *OLEH ITU JANGAN BELI, JANGAN MAKAN.* Tolong sebarkan"


Beberapa halaman pencari fakta seperti Snopes menemukan klaim jajanan berisi tablet pembuat lumpuh itu tidak benar alias hoaks. Nyatanya produk jajanan yang ada pada video diproduksi oleh perusahaan Turki, Solen.

Seorang juru bicara untuk Solen menjelaskan bahwa jajanan hanya dijual di Irak. Jajanan juga diproduksi secara otomatis di pabrik dengan sistem penyaringan yang akan mengeliminasi produk bila ada partikel lebih besar dari 0,7 milimeter sehingga diklaim hampir mustahil ada benda sebesar tablet bisa terselip.

"Tidak ada bukti juga bahwa objek yang ada dalam video adalah tablet dan bisa menginduksi kelumpuhan," tulis Snopes seperti dikutip pada Kamis (9/1/2020).



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"