Kesehatan

Viral Khasiat Kulit Bawang Merah untuk Sembuhkan Stroke, Ini Kata Praktisi Medis

Viral Khasiat Kulit Bawang Merah untuk Sembuhkan Stroke, Ini Kata Praktisi Medis

, Jakarta Media sosial tengah diramaikan dengan pembahasan mengenai sebuah tulisan yang mengungkap manfaat kulit bawang merah bagi kesehatan. Apa benar kulit bawang merah memiliki khasiat membantu menyembuhkan stroke dan menurunkan tekanan darah tinggi?

Stroke Sembuh, Darah Tinggi Hilang Total Dengan Bawang Merah. Begini Cara Meramunya, begitu judul artikel yang ditilik Liputan6.com pada Jumat (30/8/2019).

"Ketika orang menderita stroke dan mengalami kelumpuhan, kulit bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pengobatan," begitu tulis artikel itu.

Health-Liputan6.com bertanya kepada pakar mengenai kebenaran hal ini. Rupanya, bila ditilik secara medis belum ada bukti atau kajian ilmiah terkait kulit bawang merah dengan stroke.

"Setahu saya ini tidak punya dasar ilmiah yang jelas," kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siska Suridanda Danny lewat pesan teks Jumat (30/8/2019) sore.

Dalam penanganan stroke secara medis, pasien harus segera mendapatkan penanganan usai serangan stroke. Setelah serangan stroke, pasien sebaiknya datang ke rumah sakit kurang dari 4,5 jam seperti disampaikan dokter spesialis saraf RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Mohammad Kurniawan beberapa waktu lalu. Sayangnya, data menunjukkan hanya 10 persen yang datang sesegera mungkin usai serangan stroke datang.

"Rata-rata terlambat datang. Bahkan ada pasien yang sudah kena stroke, lalu sehari kemudian baru ke rumah sakit. Ada juga pasien yang baru lima hari datang. Mereka datang dulu ke orang pinter," jelas Kurniawan.