Kesehatan

Viral Reaksi Kocak Pria Mabuk, Berapa Lama Efek Alkohol di Tubuh?

Viral Reaksi Kocak Pria Mabuk, Berapa Lama Efek Alkohol di Tubuh?
Jakarta - Seorang pria viral di media sosial karena video rekamannya sedang diinterogasi polisi ramai dibagikan netizen. Dalam video ia disebut sedang dalam keadaan mabuk dan berusaha menghentikan kendaraan bermotor di jalanan daerah Bandung, Jawa Barat, pada malam hari.

Sang pria mengaku bernama Arif Budiarto dan bermaksud ingin kembali ke rumah setelah ditinggal teman-temannya. Hal tersebut diketahui setelah sesi tanya jawab yang alot karena sang pria sering ngawur ketika ditanya.

"Kan empat orang, namanya siapa saja," ujar salah satu polisi dalam video. "Yang satu Dobleh, kedua Jamal, yang ketiga kabur," jawab sang pria diikuti suara tawa polisi di sekitarnya.


Netizen menganggap reaksi ngawur pria mabuk tersebut lucu hingga kemudian muncul meme-memenya. Namun demikian efek alkohol pada otak memang tidak bisa dianggap remeh.

Dikutip dari ILFScience, Stephen Braun, penulis dari 'Buzz: The Science and Lore of Alcohol and Caffeine' menjelaskan efek yang terjadi pada otak saat sedang 'teler'. Saat seseorang minum alkohol (atau etanol), ini cepat diserap ke dalam aliran darah, kemudian ditransmisikan ke seluruh tubuh.

Di otak alkohol diketahui meningkatkan penghambatan inhibitor Asam Gamma-Aminobutyric (GABA). GABA adalah neurotransmitter yang memengaruhi respons. Hal ini menyebabkan seseorang jadi sempoyongan dan bicara melantur.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris secara umum biasanya tubuh perlu waktu sekitar satu jam untuk memetabolisme alkohol. Hanya saja waktu pastinya bisa bervariasi untuk tiap orang tergantung dari faktor seperti berat badan, jenis kelamin, usia, jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis alkohol, hingga obat-obatan.

"Waktunya bisa juga lebih lama bila ginjal kamu tidak berfungsi secara normal," tulis NHS.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"

(fds/kna)