Kesehatan

Wanita 53 Tahun Diminta Bermain Biola Saat Operasi Angkat Tumor di Otak

Wanita 53 Tahun Diminta Bermain Biola Saat Operasi Angkat Tumor di Otak

, Jakarta - Konsultan ahli bedah saraf Rumah Sakit King's College di London, Keyoumars Ashkan, meminta seorang pasien untuk memainkan biola saat melakukan operasi pengangkatan tumor di otaknya.

Pasien itu merupakan pebiola atau violinist asal Isle of Wight, yang bernama Dagmar Turner. Alasan wanita berusia 53 tahun ini memainkan biola saat pengangkatan tumor adalah untuk mempertahankan keahliannya dalam bermain biola, yang sudah digelutinya selama 40 tahun.

"Biola adalah hasrat saya. Saya telah bermain sejak berusia 10 tahun, dan kehilangan kemampuan saya untuk bermain sangat memilukan," kata Turner yang dikutip dalam laman CNN.

Dengan alasan tersebut, tim medis mengusulkan Turner untuk bermain biola di tengah-tengah prosedur operasi untuk memastikan sistem koordinasi dalam bermain biolanya tidak terpengaruh, karena operasi tersebut dilakukan dengan pengangkatan tumor dari lobus frontal bagian kanan, dekat area pada otak yang mengontrol gerakan tangan kirinya.

"Kami melakukan sekitar 400 reseksi (pengangkatan tumor) setiap tahun, dan biasanya banyak pasien melakukan tes bahasa, tetapi ini adalah pertama kalinya saya memiliki pasien yang bermain instrumen saat operasi," kata Ashkan.