Kesehatan

Wanita Ini Tertular Corona dari Anaknya yang Tak Jalani Karantina Rumah

Wanita Ini Tertular Corona dari Anaknya yang Tak Jalani Karantina Rumah
Jakarta -

Beberapa negara di dunia termasuk Indonesia menerapkan aturan 'karantina rumah' bagi mereka yang baru saja kembali dari tempat yang terinfeksi virus Corona COVID-19. Bahkan pemerintah Indonesia pun mengimbau masyarakat agar tidak melakukan mudik guna menekan tingkat penyebaran virus Corona COVID-19.

Mengutip Nation Thailand, sebuah kasus di Thailand membuktikan betapa pentingnya menjalani karantina rumah sesuai aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Seorang wanita Thailand diketahui menyebarkan virus Corona COVID-19 pada ibunya setelah menolak untuk melakukan karantina rumah padahal ia baru saja kembali dari luar negeri.

dr Opass Putcharoen, Kepala Emerging Infectious Diseases Clinical Center Chulalongkorn University menyampaikan informasi ini melalui Facebook pada Selasa (7/4/2020). Ia mengatakan sebagian besar orang yang datang dari luar negeri tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda infeksi awal. Karenanya perlu untuk melakukan karantina rumah.

Sementara itu beberapa kasus bahkan diketahui terkait seseorang yang masih bisa menularkan virus Corona COVID-19 tanpa menunjukkan gejala apa pun. Begitu juga yang terjadi pada wanita ini, ia tidak menunjukkan gejala virus Corona Covid-19 dan merasa baik-baik saja.

Sehingga ia memilih untuk tidak mengisolasi dirinya sendiri. Dia pulang ke rumah, melakukan kontak dekat dengan dengan ibunya, dan tanpa sadar menularkan virus Corona COVID-19 pada ibunya.

"Wanita ini baru mulai menunjukkan gejalanya saat ibunya terinfeksi virus Corona COVID-19. Sang ibu mengidap flu selama enam hari meskipun hasil rontgen paru-parunya tampak normal," kata dr Opass.

Namun, ia mengalami kesulitan bernapas beberapa hari kemudian dan harus dirawat di unit perawatan intensif (ICU). dr Opass kemudian menekankan pentingnya karantina sendiri dan mendesak semua orang untuk mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.



Simak Video "Tunda Liburan! Pilih Social Distancing di Tengah Pandemi Corona"

(naf/fds)